Eksplorasi Jalur Khatulistiwa, Terios 7 Wonders Kembali Digelar

PONTIANAK,KRJOGJA.com – Ekspedisi Terios 7 Wonders kembali digelar, dengan mengeksplorasi jalur khatulistiwa di Pontianak dan Kuching, Malaysia.

Dalam ekspedisi kali ini, sebanyak 12 jurnalis Sahabat Petualang diberi kesempatan untuk menjelajah destinasi wisata ikonik di Pontianak dan Kuching, menggunakan mobil All New Daihatsu Terios selama tiga hari (21-23 Juni 2019).

Pontianak dipilih menjadi penyelenggaraan Ekspedisi Terios 7 Wonders karena kota ini merupakan tapal batas Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia. Melalui ekspedisi bertemakan  Exotic Borneo Life ini, para jurnalis Sahabat Petualang mendapat pengalaman yang berbeda masuk ke Negara Malaysia melalui jalur darat sambil mengendarai All New Daihatsu Terios.

"Kami ingin Sahabat jurnalis merasakan pengalaman bersama ekspedisi Terios 7 Wonders, dan bagaimana tantangan menembus perbatasan Sarawak, Malaysia. Selain itu juga Pontianak dipilih karena banyak yang bisa di eksplore dari kota ini," kata Branch Head Pontianak, PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, Agus S.M, di Pontianak, Jumat (21/06/2019).

Perjalanan ekspedisi dimulai dari showroom Astra Daihatsu di Jalan Ahmad Yani, Pontianak dengan seremoni pengibaran bendera tanda dimulainya petualangan. Tim ekspedisi Terios 7 Wonders memulai penjelajahan dengan menggunakan 7 (tujuh) unit All New Terios di kota Pontianak. 

Destinasi wonders ke-1 adalah Rumah Adat Dayak Radang, yang merupakan rumah panggung replika terbesar di Indonesia. Rumah adat yang bisa menampung 100 kepala keluarga (KK) ini mendapat penghargaan MURI karena kemegahannya dengan panjang 138 meter dan tinggi 7 meter untuk menghindari serangan binatang buas dan antisipasi banjir.

Menjelajah Kota Pontianak tidak lengkap tanpa mengunjungi Tugu Khatulistiwa, yang dalam ekspedisi ini menjadi destinasi wonders ke-2. Sebagai Kota Khatulistiwa yang dilalui garis lintang 0o. pada waktu tertentu, matahari siang akan berada tepat di atas kepala, sehingga memberikan pengalaman unik saat tugu dan benda disekitarnya tidak memiliki bayangan. 

Selanjutnya, perjalanan panjang selama 5 jam dilanjutkan ke perbatasan Sarawak Malaysia melewati pemandangan indah dan eksotis menggunakan All New Daihatsu Terios. Mobil ini dilengkapi stabilizer belakang, stabilizer depan yang lebih besar, steering yang lebih reponsif serta penambahan body reinforcement di beberapa titik yang dapat menunjang kemudahan handling di berbagai kondisi jalan yang dilalui. 

Kenyamanan juga semakin terasa dengan VSC (Vehicle Stability Control) dan tingginya ground clearance (220 cm) saat melewati jalan berbatu, membuat perjalanan Sahabat Petualang semakin menyenangkan. Jarak tempuh Pontianak menuju Entikong yang hampir 200 km dengan lama waktu lima jam pun bisa dinikmati dengan nyaman.

Setibanya di perbatasan Entikong, para jurnalis Sahabat petualang mendapatkan pengalaman menarik melewati tahap pemeriksaan yang begitu detail untuk menembus ke Malaysia. Di bagian depan ada loket pemeriksaan keimigrasian yang memeriksa berbagai kelengkapan meliputi paspor, Pas Lintas Batas, dan KTP. 

Sesampainya di Malaysia, Sahabat petualang bisa lebih tenang karena sudah menembus perbatasan. Hari pertama ekspedisi Terios 7 Wonders  ditutup jalan-jalan ke Kuching Statue yang merupakan ikon negara bagian Sarawak dan menikmati nuansa malam di Kuching waterfront sebagai destinasi wonders ke-3 dan wonders ke-4 di Kuching, Malaysia. (Imd)

BERITA REKOMENDASI