Facebook Indonesia Boleh Mediasi dan Intervensi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Juasa hukum penggugat Facebook Indonesia mempersilakan tergugat untuk melakukan intervensi apabila ingin mengajukan pembelaan terhadap gugatan yang dilayangkan oleh LPPMII, serta IDCTI terhadap mereka.

"Siapapun diperbolehkan secara hukum untuk hadir sebagai keterkaitan dari pihak-pihak disini. Bisa sebagai pihak tergugat, pihak penggugat, atau pihak penengah. Itu semua ada prosesnya," jelas kuasa hukum LPPMII dan IDCTI, Jemmy Tommy.

"Itu diperbolehkan, semua pengacara tahu, bukan dengan datang begini, kami keberatan, dan hakim menyetujui keberatan kami," lanjutnya.

Pengajuan gugatan ini terkait gugatan kebocoran data akun pengguna Facebook Indonesia yang digunakan oleh Cambridge Analytica. Jumlah data pengguna Indonesia yang bocor ke lembaga penelitian itu lebih dari satu juta akun dan menempati posisi tiga dunia.

Selain melakukan intervensi, solusi lain bisa ditempuh melalui proses mediasi, yang mempertemukan kedua pihak penggugat dan tergugat, dan tidak diwakilkan oleh siapapun, termasuk kuasa hukum. (*)

BERITA REKOMENDASI