Facebook Keluarkan Kebijakan Baru Soal Pemblokiran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Facebook mulai memblokir informasi kesehatan yang dibagikan aplikasi pihak ketiga di jejaring sosial. Departemen Layanan Keuangan New York sebelumnya mengungkapkan data-data seperti diagnosis medis hingga kondisi kehamilan pengguna dimasukkan ke alat analitik Facebook oleh pembuat aplikasi.

“Kebijakan kami melarang berbagi informasi kesehatan yang sensitif dan itu bukanlah sesuatu yang kami inginkan,” kata juru bicara Facebook.

Terpisah, Pengawas Layanan Keuangan Negara Linda Lacewell mengatakan Facebook menginstruksikan pengembang aplikasi dan situs web untuk tidak membagikan data medis, keuangan, dan data konsumen yang bersifat sensitif.

Namun, di saat yang bersamaan, Facebook disebut tidak mengambil langkah dalam mengawasi aturan tersebut.

“Dengan melanjutkan bisnis bersama pengembang aplikasi yang kerap melanggar aturan, Facebook menempatkan dirinya dalam posisi mendapatkan keuntungan dari data sensitif yang seharusnya tidak pernah diterima sejak awal,” ucap Linda Lacewell.

Berdasarkan penyelidikan yang mereka lakukan tahun lalu, informasi pengguna aplikasi secara teratur dibagikan kepada Facebook melalui alat yang menawarkan analisis data gratis kepada pengembang untuk membantu peningkatan aplikasi. (*)

BERITA REKOMENDASI