Fitur Berita Google Mirip Snapchat Discover

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Perilisan fitur AMP Stories milik Google di minggu ini menuai komentar yang cukup tajam. Beberapa pihak menuding fitur tersebut sangat mirip dan bahkan seakan 'menyontek' salah satu fitur Snapchat Discover.

AMP Stories dan Snapchat Discover merupakan media visual yang menampilkan berita yang telah dikurasi dalam bentuk foto atau video yang berdurasi pendek. Lewat blog pengembang, fitur tersebut ditampilkan dalam format yang mirip dengan fitur Stories pada Instagram, yang lagi-lagi merupakan salah satu fitur di aplikasi Snapchat.

Meski secara tidak langsung menanggapi fitur Google ini, Wakil Presiden untuk Konten Snapchat Nick Bell tetap menyatakan bahwa Snapchat adalah platform pertama yang mempopulerkan sekaligus antusias dengan industri yang semakin mengembangkan fitur berita visual tersebut.

"Ambisi kami di Snapchat adalah untuk memberdayakan kemampuan bercerita yang baik, dan kami pikir kami adalah yang terbaik dalam memulai fitur tersebut dalam format mobile. Kami senang melihat industri yang mulai bergerak untuk mengembangkan fitur itu dan berharap lebih banyak media berita yang berinvestasi untuk fokus pada konten berita yang tersedia untuk mobile seperti ini," jelas Bell.

Selain menuai protes dan kritikan, fitur tersebut juga mengundang pertanyaan lainnya, seperti bagaimana Google menonjolkan fitur AMP Stories dalam pencarian hingga bagaimana pendapatan fitur tersebut dibagi walau dalam platform belum terlihat adanya iklan.

Meski demikian, pertanyaan terbesar untuk AMP Stories adalah bagaimana penerbit dan pengiklan bereaksi atas konten majalah mobile animasi mereka yang ditampilkan pada lebih dari satu medium. (*)

BERITA REKOMENDASI