Gedung Daur Ulang Sampah Semegah Mall di Tokyo

JEPANG adalah negara terbaik yang patut dicontoh dalam daur ulang sampah. Bagi orang yang pertama kali datang ke Tokyo, tidak akan mengira bahwa sebuah gedung mewah, besar, artistik, dan indah karena rimbun pohon sakura di samping balai kota Musashino itu adalah `pabrik sampah. Bangunan semewah itu sangat mirip dengan gedung mall, universitas, atau perkantoran. Luas gedungnya pun cukup spektakuler, yakni 17.000 meter persegi.

Bangunan mentereng dengan desain gaya milenial ini mulai dibangun Mei 2014 dan baru selesai dibangun Maret 2017. Biasanya,orang baru `ngeh` bahwa gedung megah itu bukanlah mall atau universitas setelah lama tinggal di Tokyo atau membaca brosur informasi kota. Gedung supermewah dan superbesar tersebut adalah Musashino Clean Center, yakni gedung pengelolaan dan daur ulang sampah di kota Musashino, salah satu kotamadya di provinsi Tokyo. Tempat itu indah, bersih, terbuka untuk umum sebagai tempat edukasi, bahkan, ada kafe mewah di dalamnya.

Provinsi Tokyo Raya yang terdiri atas 31 kotamadya dengan jumlah penduduk lebih dari 38 juta adalah salah satu provinsi terpadat di dunia. Adapun Ibu Kota Metropolitan Tokyo sendiri juga sudah sangat sesak, karena berpenduduk 13,9 jiwa dengan luas wilayah yang lebih kecil daripada DKI Jakarta. Kondisi yang demikian membuat pemerintah setempat harus sangat serius dalam menangani sampah. Dengan tingkat kerapatan penduduk yang luar biasa, sampah akan menjadi bencana yang serius dan menakutkan jika salah kelola.

Kota metropolis itu selama puluhan tahun kini telah menjadi contoh pengelolaan sampah terbaik di Jepang, sekaligus terbaik di dunia. Manajemen yang prefeksionis dalam hal tata kelola sampah, baik yang diproduksi oleh rumah tangga, perkantoran, pertokoan, restoran, maupun industri, menjadi cetak biru manajemen pemerintah kota. Aturan ini wajib dipatuhi secara ketat oleh seluruh warga yang tinggal di Jepang, termasuk orang asing.

BERITA REKOMENDASI