GeNose C19 Bakal Pangkas Habis Harga Tes Covid

SLEMAN, KRJOGJA.com – 5.000 unit GeNose C19 atau alat deteksi Covid-19 lewat hembusan napas besutan tim peneliti UGM siap didistribusikan pada pertengahan Februari 2021 setelah mendapatkan izin edar dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) pada Kamis (24/12/2020) lalu. Alat tersebut akan memangkas habis tes Covid-19 yang saat ini masih terhitung begitu mahal bagi masyarakat.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan saat ini Genose C19 telah digunakan di sejumlah rumah sakit seperti RS Bhayangkara Yogyakarta, RS Karyadi Semarang, RS Moewardi Solo dan RS UNS. GeNose c19 dapat memperkuat sistem surveillance 4T yakni testing, tracing, tracking, serta treatment di Indonesia.

“Indonesia perlu punya kemandirian dalam mlakukan tesring dan monitoring, terutama untuk skrining. Kalau untuk testing tidak lain kita lakukan dengan PCR yang merupakan gold standar. Namun untuk skrining disini dituntut kemampuan kita melakukan inovasi melahirkan alat yang bisa lakukan skrining dalam wkatu cepat, relatif nyaman, dan tingkat akurasi tinggi,” ungkapnya dalam konferensi pers daring, Senin (28/12/2020).

BERITA REKOMENDASI