Google dan Tinder Diselidiki Terkait Pengambilan Data

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pemerintah Irlandia menyelidiki perusahaan raksasa Google dan Tinder atas kasus skandal pengambilan data pengguna di Eropa tanpa izin.

Komisi Perlindungan Data (DPC) Irlandia mengaku telah banyak menerima pengaduan dari berbagai asosiasi konsumen Eropa soal tidak adanya transparansi dalam pengambilan data yang dilakukan Google dan Tinder.

“Penyelidikan akan dilakukan terhadap Google dan Tinder terkait dasar hukum mereka untuk memproses data pengguna. Penyelidikan juga akan berfokus soal transparansi pengambilan data,” ujar anggota DPC Irlandia.

Lebih lanjut, DPC menegaskan bahwa layanan teknologi MTHC, perusahaan aplikasi jodoh Tinder menjadi sorotan soal perlindungan data bagi penggunanya. Sementara untuk kasus Google, DPC menegaskan banyak menerima keluhan atas pengambilan data lokasi pengguna tanpa transparansi.

Pemerintah Irlandia mengaku ikut bertanggungjawab atas kasus dua perusahaan raksasa Silicon Valley itu karena kantor pusat Google dan Tinder Eropa berada di negaranya. (*)

BERITA REKOMENDASI