Google Doodle Mengenang Rodolfo Guzmán Huerta

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Laman pencarian Google hari ini memajang gambar topeng yang membentuk logo Google. Google sedang mengenang El Santo yang merayakan usianya yang ke-99.

Google menampilkan sekitar 12 slideshow doodle atau gambar El Santo. El Santo yang artinya orang suci adalah julukan yang disematkan pada seorang pegulat bertopeng (luchador) legendaris Meksiko bernama asli Rodolfo Guzmán Huerta. Pria kelahiran 23 September 1917 ini mempopulerkan gulat di Meksiko. Nyaris lima dekade ia begelut sebagai pegulat.

Ia melegenda dengan topeng peraknya yang tak pernah ia lepas. Konon, ia tak pernah melepas topengnya bahkan saat berada di rumah. Ia bahkan mengenakan topeng khusus saat makan. Ia melakukannya untuk melindungi identitasnya. Saat bepergian pun, ia tak pernah melepas topengnya.

Ia baru melepas topengnya setelah pensiun sebagai pegulat. Di sebuah talkshow televisi Meksiko, Contrapunto, El Santo melepas topengnya. Rupanya publik tak lama bisa menyaksikan El Santo tanpa topeng. Hanya seminggu setelah pengungkapan jati dirinya, ia meninggal dunia. Tepatnya pada 5 Februari 1984. (*)

BERITA REKOMENDASI