Google Hangout Bakal Ditutup

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Google dilaporkan akan menutup aplikasi perpesanan instan untuk konsumen yakni Hangout pada 2020. Hal ini dilakukan lantaran produk tersebut dinilai krisis identitas sejak pertama kali diluncurkan sebagai ganti Google Talk di 2013.

Kabar ini diamini oleh petinggi Google, namun ia tak memastikan kapan penutupan itu akan dilakukan. Ia hanya menyebut bahwa pengguna akan di-upgrade ke aplikasi lain yang sejenis. Kabar Google Hangout untuk konsumen akan diakhiri sudah beredar sejak musim panas lalu.

Manager Google Scott Johnston mengatakan pengguna Hangouts hanya akan dialihkan ke aplikasi lain yaitu Hangouts Chat dan Hangouts Meet. Johnston juga menekankan bahwa mereka tidak akan mematikan dukungan untuk layanan Hangout Classic yaitu perpesananan dan melakukan pertemuan.

Google meluncurkan Hangout Chat tahun lalu dan aplikasi ini digunakan untuk menyasar komunikasi dalam tim dalam perusahaan, aplikasi yang dibuat untuk menandingi Slack. Sementara Hangout Meet adalah platform pertemuan video.

"Belum ada keputusan kapan Hangout akan ditutup. Penggunanya akan di-upgrade ke Hangout Chat dan Hangout Meet," tulis Johnston dalam cuitannya.

Johnston tidak menampik bahwa pada akhir akan tutup meski tidak tiba-tiba karena penggunanya bermigrasi. Perusahaan teknologi raksasa itu mengatakan mereka belum akan mengakhiri dukungan mereka terhadap aplikasi ini.

Cuitan ini dibuat untuk mengonfirmasi pemberitaan yang menyebut bahwa Google akan mengakhiri hidup Hangout tahun depan. Menurut Johnston, laporan tersebut menimbulkan kesimpulan yang dramatis bagi pengguna, padahal pengguna akan dimigrasi. (*)

BERITA REKOMENDASI