Google Siapkan Fitur Anti Malware

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Android 7.1 Nougat secara diam-diam menambahkan fitur keamanan baru. Fitur ini dinamakan mode panik. Meski demikian ini bukanlah tombol yang bisa memanggil polisi saat penggunanya dalam bahaya. Tapi, tombol ini dibuat agar pengguna bisa kembali ke tampilan home saat ponselnya terserang malware.

Pengguna Android seringkali terserang malware (malicious ware) yang membajak tampilan ponsel mereka. Layar dibajak dengan tampilan tertentu. Pengguna pun tak bisa menggunakan tombol back untuk kembali ke layar utama. Fitur keamanan ini bahkan bisa menghapus aplikasi berbahaya (malicious) tersebut.

Sebagian malware mungkin membuat tombol back dan tombol lainnya tidak berfungsi. Fitur ini akan berjalan otomatis saat pengguna menekan berulangkali tombol back di ponsel mereka.

Google akan memonitor berapa banyak tombol back ditekan berulang kali. Ini adalah penanda mereka bahwa pengguna sedang panik karena kesulitan untuk kembali ke menu utama atau berpindah ke aplikasi lain. Itulah mengapa fitur ini disebut mode panik.

Dengan melihat frekuensi dan berapa banyak tombol back ditekan, mode ini akan mengaktifkan kembali fungsi back yang dikunci oleh malware. Begitu kembali ke menu utama, segera lakukan pengamanan. Uninstall aplikasi berbahaya yang membuat ponsel Anda berperilaku tak normal, demikian seperti ditulis BGR. (*)

BERITA REKOMENDASI