Google Terkendala Peluncuran Gmail Go

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Aplikasi berbasis android saat ini memang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari para pengguna telefon pintar. Tidak terkecuali aplikasi surat elektronik (surel) seperti gmail buatan google dan semacam-nya.

Meskipun demikian terkadang aplikasi tersebut tak semua bisa ditampung karena keterbatasan sarana penyimpanan telefon pintar yang dimiliki. Oleh karena itu sejumlah pengembang aplikasi terkenang seperti youtube, opera dan google sudah mulai mengembangkan versi ringan dari beberapa aplikasi andalan mereka.

Tujuannya adalah untuk mengurangi beban kapasitas penyimpanan telefon pintar yang memang terbatas. Setelah aplikasi google+, maps dan beberapa lainnya, kini google pun mengembangkan versi ringan dari gmail, yaitu gmail go.

Seperti kebanyakan aplikasi edisi go, gmail go pun menawarkan ukuran yang lebih ringan dari aplikasi gmail versi biasa. Selain itu aplikasi ini juga tidak akan memenuhi memori smartphone serta memaksimalkan penggunaan data seluler Anda.

Gmail go ini menyediakan fitur layanan standar gmail, seperti bisa membuka lebih dari satu akun sekaligus, tampilan percakapan, lampiran dokumen, dan notifikasi untuk pesan baru. Namun berkas pemasang gmail go hanya berukuran 9.51 MB, sedangkan ukuran setelah dipasang di telefon pintar, menjadi 25 MB.

Ukuran tersebut lebih hemat jika dibandingkan dengan versi biasa gmail yang memakan ruang sampai 20.66 MB sebelum dipasang dan 47 MB setelah dipasang. Sayang, google sendiri belum secara resmi mengumumkan kapan versi ringan gmail tersebut akan diluncurkan. Namun beberapa situs melaporkan bahwa aplikasi ini telah tersedia di Play Store. (*)

BERITA REKOMENDASI