Habis Biodiesel B30 Terbitlah B40

JAKARTA, KRJOGJA.com – Peluncuran bahan bakar biodiesel dengan kandungan nabati sebesar 30 persen, langsung diinstruksikan Presiden Jokowi untuk terus ditingkatkan kadar kandungan minyak sawit yang digunakan.

Instruksi tersebut diungkap langsung Jokowi saat meluncurkan bahan bakar B30 di SPBU Pertamina kawasan MT Haryono, Jakarta. Secara bertahap setiap tahunnya kadar minyak sawit dalam biodiesel akan ditingkatkan, sehingga kedepan kandungan minyak sawit tak hanya sebatas 30 persen saja.

Nantinya kita harapkan, ini kita step by step. Tahun depan nanti masuk ke B40, 2021 masuk ke B50, targetnya kira-kira itu. Nggak usah terlalu ke B100, B40 dan B50 itu sudah saya kira, kalau step-step ini bisa kita raih, saya kira devisa akan semakin besar kita peroleh,” kata Presiden Jokowi di SPBU Pertamina (SPBU 31.128.02), Jl. MT. Haryono, Jakarta, Senin (23/12).

 

Peningkatan kandungan minyak sawit sendiri perlu dilakukan pertamina untuk mendukung ketersediaan sawit di Indonesia serta menghemat pengeluaran negara yang saat ini masih harus melakukan impor solar dari beberapa negara.

 

Lembaga Pusat Penelitian Kelapa Sawit sendiri saat ini telah melakukan pengujian terhadap biodiesel dengan kandungan sawit sebesar 50 persen.

"Kita lakukan uji jalan menggunakan mobil Toyota Innova yang baru keluar diler dan semuanya berjalan lancar, tidak ada masalah yang terjadi," ungkapnya kepada Okezone beberapa waktu lalu. (*)

 

BERITA REKOMENDASI