Hasil Riset: Milenilal Konsumsi Berita Lewat Snapchat

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sejumlah Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang beralih ke media sosial untuk konsumsi berita. Facebook mungkin telah secara konsisten memimpin sebagai media pencarian berita. Akan tetapi studi baru dari Knight Foundation menemukan bahwa dikalangan milenial khususnya mahasiswa, Snapchat menjadi media sosial populer kedua untuk konsumsi berita setelah Facebook.

Seperti dilansir dari laman Engadget, Selasa (16/10/2018) survei dilakukan terhadap 5.844 mahasiswa dari 11 institusi di Amerika Serikat. Hasilnya 89 persen dari mereka mengungkapkan jika mendapatkan berita dari media sosial selama seminggu (waktu survei).

Facebook merupakan media sosial terpopuler dengan 71 persen responden mengatakan mereka mendapatkan berita dalam waktu tersebut. Snapchat beradi di tempat kedua dengan 55 persen siswa mengatakan bahwa mereka mendapatkan berita dari platform tersebut.

Disisi lain YouTube, Instagram dan Twitter menyusul dengan perolehan masing-masing 5 persen, 51 persen dan 42 persen responden. Tidak hanya sampai disitu, Pew Research Center juga menemukan melalui survei bahwa sekitar lima persen orang dewasa di Amerika mendapatkan berita mereka dari Snapchat.

Ini merupakan kenaikan yang konsisten selama dua tahun terakhir tetapi naik dari dua persen yang diukur pada 2016. Pada tahun tersebut, 17 persen pengguna Snapchat mendapatkan berita dari platform. Sedangkan pada 2017, survei Pew mencatat bahwa 29 persen pengguna sekarang mencari berita dari Snapchat.

Kehilangan 3 juta pengguna pada Agustus 2018 tampaknya tak membuat Snapchat gugur. Kala itu merupakan pertaama kalinya jumlah pengguna pada aplikasi telah menurun. Snapchat berjuang dengan pertumbuhan yang lambat untuk menaikkan jumlah penggunanya kembali.

Fakta bahwa perusahaan mendesain ulang aplikasi ini banyak disorot oleh penggunanya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI