Hati-hati Isu Boikot Perancis Ditunggangi Buzzers Serang Produk

JAKARTA,KRJOGJA.com – Isu hangat tentang ajakan boikot produk Perancis yang bergema akibat pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang dianggap menyinggung umat Islam. Reaksi terhadap pernyataan Emmanuel Macron juga muncul di dalam negeri dari beberapa politisi dan organisas Islam. Bahkan Duta Besar Perancis juga sudah dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Sayangnya, diantara beragam reaksi ini, ada sekelompok orang yang berusaha mengambil keuntungan dengan menggerakkan buzzer untuk menyerang produk tertentu.

Pengamat dan aktivis sosial media Wicaksono (@ndorokakung) menyatakan bahwa upaya ‘riding the wave’ (menunggangi isu) untuk mencari keuntungan komersial sering ditemukan di jagat sosial media Indonesia. Dalam twit @ndorokakung hari ini jam xx disebutkan bahwa ada orang yang berusaha menunggangi gelombang sambil menunjukkan tangkapan layar adanya percakapan untuk mencari buzzer.“ Dalam percakapan tersebut disebut kalau ‘serangan’ buzzer bertema ajakan untuk boikot Aqua menggunakan tagar #boikotaqua akan dimulai jam 19.00 malam.

BERITA REKOMENDASI