Hayabusa-2 Lepaskan Robot di Asteroid

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Wahana antariksa Hayabusa2 berhasil melepaskan robot penjelajah di atas permukaan asteroid untuk mencari asal usul tata surya. Roket Hayabusa2 telah berhasil melepaskan robot penjelajah di atas permukaan asteroid Ryugu (dalam bahasa Jepang berarti 'istana naga'). Misi ini merupakan yang terakhir sebelum wahana antariksa asal Jepang tersebut kembali ke Bumi.

Untuk mencapai Ryugu, Hayabusa2 mendekati asteroid tersebut hingga 1 km di atas permukaan untuk melepaskan rover. Perlakuan ini sangat berbeda dibanding dengan kedua rover Hayabusa2 sebelumnya, Minerva II-A dan Minerva II-B yang dilepaskan pada ketinggian 50 meter.

Perbedaan ini menurut badan antariksa Jepang JAXA dilakukan untuk mempelajari bagaimana cepat atau lambat rover mendekati Ryugu. Hasil penelitian yang didapat kemudian akan membantu peneliti mengetahui efek gravitasi yang disebabkan oleh asteroid. Sementara roket utamanya akan mengawasi dari ketinggian 8 hingga 10 kilometer.

Tim Hayabusa2 melalui akun twitter resminya @Haya2e_jaxa mengunggah foto perayaan atas berhasilnya pemisahan rover dari badan utama roket. (*)

BERITA REKOMENDASI