Hindari Peretasan Whatsapp, Coba 3 Cara Ini

PERISTIWA peretasan akun WhatsApp kembali marak terjadi. Pelaku coba mengakses akun WhatsApp targetnya dan menjalankan trik untuk mendapat One-Time Password (OTP) yang dikirim pihak WhatsApp melalui SMS.

Setelah mendapat kode OTP tersebut, pengguna langsung mengendalikan akun WhatsApp korban. Aksi pemerasan hingga penipuan untuk meraih banyak dana pun dilakukan.

Guna mengatasi peretasan tersebut, pihak WhatsApp pun memberikan langkah berlapis terkait keamanannya. Berikut ini cara menggunakannya.

1. Verifikasi dua langkah

Cara menggunakannya cukup masuk ke menu Pengaturan > Akun > Verifikasi Dua Langkah, lalu aktifkan. Langkah ini bisa dilakukan di perangkat Android maupun iPhone.

Verifikasi dua langkah untuk menjaga akun WhatsApp penggunanya tetap aman. Fitur ini memiliki keamanan tambahan berupa PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp.

2. Gunakan Touch ID atau Face ID

Akun WhatsApp bisa diamankan juga melalui fitur Touch ID di perangkat Android dan Face ID di iPhone. Bagi pengguna Android, cara mengaktifkannya dengan masuk ke menu Pengaturan > Akun > Privasi. Kemudian ketuk Kunci Sidik Jari. Lalu sentuh sensor sidik jari untuk mengonfirmasinya.

Bagi pengguna iPhone bisa mengaktifkan Touch ID atau Face ID. Caranya buka menu Pengaturan > Akun > Privasi > Kunci Layar. Kemudian aktifkan Membutuhkan Face ID atau Membutuhkan Touch ID.

3. Selalu perbarui aplikasi

Selalu perbarui aplikasi WhatsApp agar mendapat tingkat keamanan paling baik. WhatsApp sendiri meningkatkan kualitas keamanannya di setiap pembaruan aplikasi.

Caranya bisa diatur secara otomatis di aplikasi WhatsApp, jadi setiap ada pembaruan akan dengan sendirinya memperbarui. Jika secara manual, silakan masuk ke Play Store atau App Store dan tinggal klik perbaui di aplikasinya.

BERITA REKOMENDASI