Hyundai Kembangkan Mobil Rescue Khusus Bencana

LOS ANGELES, KRJOGJA.com – Hyundai Elevate merupakan satu-satunya mobil modern yang berbeda dengan kendaraan lain yang tampil di ajang Consumers Electronic Show (CES) yang berlangsung beberapa hari lalu di Las Vegas.

Hyundai Elevate merupakan mobil rescue yang dikembangkan mampu menjangkau berbagai medan berat. Berbeda dengan mobil rescue pada umumnya, Hyundai Elevate memiliki kaki robot yang cukup panjang dengan sistem hydraulik sehingga bisa disesuaikan tinggi rendahnya secara otomatis.

Hyundai merancang mobil dengan kaki robot tersebut, agar bisa menjangkau medan berat yang tak bisa dilalui mobil rescue yang saat ini masih mengandalkan penggerak roda 4×4. Daerah bencana yang memiliki jalur terputus akibat gundukan tanah maupun bebatuan bisa dilalui mobil ini.

"Ketika tsunami atau gempa bumi terjadi, kendaraan penyelamat saat ini hanya bisa menjangkau wilayah terdekat dan tim penyelamat harus melanjutkan dengan berjalan kaki," ungkap John Suh, Wakil Presiden Hyundai dan Kepala Hyundai Cradle.

 

Hyundai Elevate seperti dikutip dari Carscoops mampu berjalan di tengah bebatuan setinggi 1,5 meter. Berjalan di berbagai medan dengan lebar jangkauan roda selebar 4,5 meter. Hyundai juga menggunakan teknologi dimana bodi mobil tetap sejajar rata meski medan yang dilalui beda ketinggian.

Dengan kemampuan tersebut, langkah pertolongan bagi korban bencana maupun tsunami bisa tertangani dengan cepat dan evakuasi korban dari wilayah terisolir juga tertangani dengan cepat.

Sayangnya model mobil rescue ini masih dalam tahap pengenalan dan belum diketahui apakah akan diproduksi massal atau tidak. (*)

 

BERITA REKOMENDASI