Ilmuwan Ciptakan Kamera Ultratipis Tanpa Lensa

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebuah kamera yang dirancang paling tipis sekalipun tidak benar-benar berbentuk rata karena optiknya, lensa tersebut membutuhkan bentuk dan ukuran tertentu agar bisa berfungsi. Namun, para ilmuwan di Caltech telah mengembangkan desain kamera baru yang tak membutuhkan lensa. 

Peneliti di Lembaga sains dan teknik tersebut menggunakan serangkaian penerimaan cahaya berbasis miniatur silikon dan komputasi untuk menstimulasi cara kerja lensa. Hasilnya, ilmuwan tersebut berhasil membuat chip ultratipis dan ultrakecil yang dapat menggantikan posisi kamera digital kini.

Para ilmuwan terus berupaya untuk membuat sebuah pengganti elektronik dan lensa tradisional. Untuk menangkap fokus, chip itu ditambahkan sebuah alat yang dijuluki ‘quadrillionth of a second’ untuk menentukan jeda cahaya yang diterima pada bagian chip yang berbeda. 

"Apa yang kamera lakukan mirip dengan melihat melalui sedotan tipis dan memindainya melintasi bidang pandang. Kita bisa membentuk sebuah gambar dengan kecepatan yang sangat cepat dengan memanipulasi cahaya alih-alih menggerakkan benda mekanis," ungkap pihak Caltech seperti dikutip dari Phys, Sabtu (24/6/2017). (*)

BERITA REKOMENDASI