Indonesia Berpotensi Jadi Produsen Listrik Panas Bumi Terbesar Dunia

Sebagian besar lahan di Jepang telah digunakan sebagai taman nasional. Tak hanya itu, Jepang juga terkenal dengan sumber air panas yang dijadikan sebagai tempat pemandian air panas. Akan tetapi, ketidaksepahaman antara pemerintah dengan pemilik pemandian air panas ini tidak memungkinkan Jepang untuk memanfaatkan energi panas bumi yang dihasilkan oleh sumber air panas tersebut.

“Sekitar 80% sumber energi geothermal di Jepang terletak pada taman kota, dimana menjadi wilayah terbatas untuk mengembangkan energi geothermal walau kami meiliki teknologi yang tepat,” kata Prof. Tsuchiya.

“Berikutnya, ada juga permasalahan dengan pemilik pemandian air panas. Jepang memang terkenal dengan jumlah pemandian air panas yang banyak, tapi para pemiliki pemandian air panas tersebut tidak menyukai ide dari energi geothermal ini, apalagi jika itu harus menyentuh properti mereka.”

Hal ini juga diperparah dengan kondisi tanah Jepang yang rawan gempa. Seperti apa yang pernah terjadi pada pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima-Daichi pada tahun 2011, dimana terjadi ledakan kimia hidrogen-udara, dan pelepasan bahan radioaktif di Unit 1, 2 dan 3 dari 12 Maret sampai 15 Maret.(*)

BERITA REKOMENDASI