Indonesia Kini Masuk Daftar Peta Persebaran Corona

SALAH satu negara di Asia, kembali dilaporkan terinfeksi Virus Corona. Indonesia kini masuk daftar peta persebaran COVID-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Mengutip gisanddata.maps.arcgis.com, Senin (2/3/2020), dalam daftar tersebut Indonesia disebutkan dengan data berikut:

Indonesia Confirmed: 2
Deaths: 0
Recovered: 0
Existing: 2

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sudah membenarkan saat ini ada dua orang di Indonesia yang diduga terinfeksi Virus Corona. Menurut Terawan, keduanya bertempat tinggal di wilayah dekat Depok.

“(2 orang itu) di rumahnya, daerah dekat Depok,” ujar Menkes Terawan.

Keduanya merupakan ibu dan anak. Sang ibu berumur 64 tahun dan anaknya 31 tahun. Prosedurnya untuk penanganan orang terduga kena Virus Corona sudah dilakukan.

“Kita sudah cek, kita bawa. Sudah melakukan isolasi rumah. Sesuai prosedur kita lakukan, menjaga rumahnya. Jadi sudah terdeteksi dari 1 Maret kita lakukan, begitu dengar berita, kita lakukan penelusuran, kita lakukan pemeriksaan,” kata Terawan.

Terawan menjelaskan, kedua orang itu melakukan kontak langsung dengan warga negara Jepang yang sebelumnya positif terjangkit Virus Corona.

“Karena ini kan kontak langsung, ini kan kita cek. Kalau enggak close kontak, itu berbeda. Kita mengacu pada epidologis, mana yang paling memungkinkan,” jelas Terawan.(*)

BERITA REKOMENDASI