Indosat Ooredo Berikan 10.000 Beasiswa Lewat IDCamp

SLEMAN, KRJOGJA.com – Roadshow program Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) ke beberapa universitas di Indonesia yang memasuki miggu ke-7 sejak di luncurkan kini digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Rabu (18/9/2019). Tingginya kebutuhan talenta digital dan kesempatan kerja di bidang teknologi digital, menjadi dasar Indosat Ooredoo meluncurkan program IDCamp yang ingin menjadi problem solver atau pemecah masalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja digital tersebut.

"Kami sangat bangga melihat antusiasme tinggi dari masyarakat untuk mengikuti IDCamp. Dengan 19.000 peserta, kami tetap mengajak para generasi muda untuk mendapatkan beasiswa bahasa coding ini," ujar Chief Business Officer Indosat Ooredoo Intan Abdams Katoppo didampingi Head of Region Central & West Java Andri Pranata dan VP Head Of Internal Communication Indosat Ooredoo Saharso disela-sela Roadshow IDCamp di UC UGM, Rabu (18/9/2019).

Intan mengatakan Indosat Ooredoo mengajak generasi muda yang berminat menggeluti bidang teknologi digital, dengan memberikan beasiswa belajar coding secara online yang mencakup modul developer Android, Kotlin Android dan Progressive Web Application untuk tingkat beginner dan expert. Pihaknya optimis melalui program IDCamp akan melahirkan talenta-talenta muda digital berbakat untuk bersaing dengan talenta global serta ikut berperan memajukan ekonomi digital Indonesia. Peserta IDCamp didominasi pelajar dan mahasiswa dengan persentase sekitar 65 persen dari total pendaftar selama satu bulan program berjalan.

"Dunia coding juga semakin diminati peserta bahkan sejak usia siswa SMP, dimana IDCamp menerima peserta dengan pendidikan terakhir SMP/MTS sebanyak 3 persen, SMA/SMK dengan 49 persen dan perguruan tinggi sebanyak 47 persen dari total peserta," kata VP Head Of Internal Communication Indosat Ooredoo Saharso.

Saharso menjelaskan peserta IDCamp tidak terbatas pada gender dan kondisi fisik seseorang. Peserta perempuan tercatat cukup tinggi sebesar 20 persen dari total pendaftar. Begitu pun dengan penyandang disabilitas yang mencapai 2 persen dari total peserta. Disediakan juga pelatihan offline (tatap muka) bagi calon-calon developer yang memiliki keterbatasan (difabel).

"Peserta yang telah mendaftar program IDCamp ini sudah mencapai 19.000 pendaftar yang nantinya akan diseleksi menjadi 10.000 peserta kemudian disaring menjadi 1.000 peserta hingga akhirnya terpilih  100 peserta yang ekspert yang akan dibantu dicarikan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya," tandasnya.

Selain IDCamp, Indosat Ooredoo juga memiliki Program IM3 DigiTalent bagi para siswa siswi setingkat SMP dan SMA di Indonesia guna mengajak dan menantang generasi muda untuk berani dan kreatif dengan memberikan tantangan tematik. Program kompetisi Digital Talent dengan roadshow yang dilaksanakan ke 1.200 sekolah di seluruh Indonesia yang berlangsung sejak 1 September sampai 31 Oktober 2019. 

Roadshow merupakan salah satu rangkaian kegiatan IDCamp yang berisi sharing session dan talkshow mengenai perkembangan industri digital di Indonesia. Khusus minggu ini, berturut turut roadshow dilakukan di Universitas Lampung, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, UGM Yogyakarta dan Universitas Hasanuddin Makassar. Roadshow akan terus dilanjutkan ke berbagai kampus terkemuka di Indonesia. (Ira)

BERITA REKOMENDASI