Inggris Bakal Gandeng BSSN, Siap Kolaborasi Strategi Siber

MENTERI Luar Negeri Inggris Liz Truss turut mengunjungi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Ia membahas kolaborasi strategi siber, pencegahan kejahatan dunia maya, perlindungan Critical National Infrastructure (CNI), serta kemitraan industri dan akademis.

Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda Liz Truss selama dua hari di Indonesia. Truss disambut oleh Kepala BSSN Hinsa Siburian.

Berdasarkan keterangan Kedubes Inggris, Jumat (12/11/2021), Indonesia dan Inggris sudah memulai dialog bilateral pertama untuk menyusun strategi yang efektif dalam memerangi kejahatan dunia maya, termasuk bersama BSSN, Kominfo, Kemlu, hingga Polri.

“Melalui kerjasama Cyber ​​UK-Indonesia, kami berhasil membuat ekosistem digital kami lebih aman, menguntungkan semua orang Indonesia, bisnis, dan pemerintah, serta memperkuat hubungan Inggris-Indonesia,” ujar Duta Besar Inggris di Indonesia, Owen Jenkins.

Sementara, Hinsa Siburian berharap agenda Indonesia-UK Cyber ​​Dialogue akan menghasilkan pemikiran dan gagasan yang dapat menghasilkan sesuatu yang konkret untuk meningkatkan keamanan digital dan hubungan antara kedua negara.

“Dalam meningkatkan kerja sama di bidang keamanan siber guna mendukung hubungan yang lebih erat antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Inggris serta mendorong terwujudnya keamanan dan stabilitas siber bagi suatu negara yang terbuka, aman, dan damai di tingkat global,” tegas Hinsa.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengunjungi Indonesia untuk mendukung hubungan bilateral antara kedua negara di bidang ekonomi, teknologi, hingga terorisme.

BERITA REKOMENDASI