Ini Arti Deretan Angka di Kartu Kredit

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bagi Anda pengguna kartu kredit, tentu pernah melihat deretan 15 hingga 16 angka tertulis di bagian depan kartu tersebut. Angka itu memiliki arti yang bermacam-macam, mulai dari informasi akun hingga bank penerbit.

Ketika kartu kredit digesek, terminal atau pembaca kartu akan menggunakan strip magnet di bagian belakang yang menyimpan nomor kartu, dan kemudian menentukan arah transaksi.

Artinya, ia akan merutekan melalui jaringan dan bank yang benar untuk mendapat persetujuan. Di sinilah letak fungsi setiap digit angka pada kartu kredit.

Dilansir Mental Floss pada Senin (30/11/2020), digit pertama atau dua menunjukkan penerbit kartu. Jika kartu dimulai angka 4, itu artinya Visa. Sedangkan angka 5 merujuk pada MasterCard. Kemudian angka 6 berarti Discover, kombinasi antara 34 atau 37 menunjukkan American Express.

Pada kartu Visa, angka kedua hingga enam menunjukkan dari lembaga keuangan mana kartu tersebut berasal. Digit ketujuh sampai 15 (atau tujuh sampai 12) memberikan informasi nomor rekening.

Digit ke 16 (atau 13) merupakan digit cek yang mengonfirmasi validasi angka-angka pada kartu tersebut menggunakan algoritma Luhn. Digit cek juga berfungsi menghindari kesalahan saat memasukkan nomor kartu kredit secara manual, ini berguna untuk mencegah penipuan.

BERITA REKOMENDASI