Ini Dia Kata Kunci yang Paling Sering Dicari di Google 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com – Google Indonesia kembali merilis daftar pencarian teratas di 2018 dalam acara Year in Search 2018. Lengkapnya, Year in Search 2018 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini. Olahaga, musik dan film menjadi beberapa subjek yang banyak dicari.

“Sejalan dengan misi Google untuk membantu seluruh pengguna menjelajahi informasi, kami merilis Year in Search yang mengeksplor tren topik dan peristiwa berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2018. Tahun ini, Year in Search menunjukkan bahwa 2018 adalah tahunnya generasi muda berkarya untuk Indonesia, mulai dari berkarya untuk membawa kebaikan, menginspirasi, dan mengharumkan nama bangsa,” ujar Feliciana Wienathan, Communications Manager, Google Indonesia dalam keterangan resmi, Jumat (14/12/2018).

Sebagai contoh Near, pencipta lagu asal Flores yg merilis lagu ‘Karna Su Sayang’ pertama kali di YouTube menjadi salah satu lagu yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Dilanjutkan oleh Nissa Sabyan dengan cover lagunya 'Deen Assalam'. Dalam kategori film, Film remaja Dilan 1990 menjadi salah satu film yang trending di Google Penelusuran tahun ini

Lebih lanjut, tahun ini juga diwarnai oleh banyak prestasi yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional juga menunjukkan persatuan Indonesia. Perhelatan akbar Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang menjadi salah satu hasil penelusuran yang trending di Indonesia tahun ini, sekaligus menjadi momen di mana dunia menyaksikan Indonesia berhasil meraih peringkat ke-4.

Beberapa nama olahragawan juga muncul di top trending search, seperti Jonathan ‘Jojo’ Christie dan Kevin Sanjaya yang berhasil meraih medali emas di cabang olahraga bulu tangkis di Asian Games 2018. Tak kalah juga, semangat Tim nasional sepakbola Indonesia U23 di berbagai ajang internasional juga turut menjadi salah satu tokoh yang banyak dicari di Google sepanjang tahun 2018.

Tak hanya itu, beberapa belakangan ini bencana yang terjadi di Indonesia juga menjadi daftar pencarian teratas seperti gempa Lombok, tsunami di Palu, dan kecelakaan pesawat Lion Air. (*)

BERITA REKOMENDASI