Instagram Tambah Fitur Baru

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Instagram telah menambahkan opsi atau pilihan bagi pengguna untuk melaporkan unggahan yang mereka anggap salah. Hal ini dilakukan perusahaan untuk membendung beredarnya informasi palsu dan pelanggaran lain dalam layanan mereka.

"Ini adalah langkah awal kami untuk berupaya menuju pendekatan yang lebih komprehensif untuk mengatasi informasi yang salah," kata Juru Bicara Facebook Stephanie Otway.

Langkah ini dilakukan Facebook sebab beredar kabar bahwa Instagram menjadi sasaran empuk elit politik Rusia untuk menyebarkan informasi palsu sejak pemilihan presiden Rusia 2018. "Penilaian kami adalah bahwa Instagram kemungkinan akan menjadi medan pertempuran utama secara berkelanjutan," tutur Otway.

Upaya Facebook untuk menangkal informasi palsu sebenarnya sudah dilakukan pada Mei lalu, di mana perusahaan menggunakan sistem pendeteksian gambar untuk menemukan konten yang tidak sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Selain itu, Facebook juga mengerahkan sejumlah kontraktor yang tergabung di dalam tim pengecekan fakta yang bekerja dalam 42 bahasa. (*)

BERITA REKOMENDASI