Ajaran Baru Dimulai, Ini Cara Gunakan Layanan Google Classroom

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tahun ajaran baru 2020/2021 telah dimulai. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah memberlakukan program belajar dari rumah. Hal tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air.

Pembelajaran berlangsung secara online. Salah satu platform yang saat ini banyak digunakan ialah Google Classroom, kelas virtual pintar yang berfokus pada pengajaran.

Di Indonesia Google Classroom tampaknya masih menjadi hal baru bagi beberapa sekolah. Karena itu berikut beberapa dasar mengenai Google Classroom, melansir Bookwidgets.

Dengan memanfaatkan Google Classroom, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Membuat Pengumuman dan Materi Pembelajaran

Anda dapat menambahkan materi dari Google Drive yang terhubung dengan menambahkan file, gambar, atau link video YouTube yang ingin Anda bagikan pada siswa.

Tambah Tugas

Pada bagian ini Anda dapat memilih opsi untuk menambahkan tanggal jatuh tempo dan peringatan. Sehingga membantu siswa untuk mengetahui tenggat tugas yang harus dikerjakan.

Menilai Tugas

Ini merupakan ruang umpan balik untuk memeriksa dan menilai tugas dari siswa. Tab “marks’ berisi buku nilai untuk semua tugas dan nilai siswa.

Mengelola Siswa

Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kolom komentar dari tautan yang Anda bagikan (bisa jadi forum diskusi). Bahkan Anda dapat mengirim email kepada siswa secara individual.

Selain itu, Anda juga dapat membuat kegiatan dalam suatu aplikasi atau situs web. Opsi ini bisa menjadi pilihan ketika pengguna ingin membuat kuis. Beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa Anda gunakan di antaranya BookWidgets, EDPuzzle, Buncee, Nearpod, Screencastify, Newsela, dan Quizlet.

3 Langkah Memulai Google Classroom

1. Mendaftar

Saat Anda masuk ke class.google.com Anda dapat menggunakan alamat Gmail yang sudah Anda miliki.

2. Buat Kelas

Klik tombol “+’ di sudut kanan atas, pilih “buat kelas”. Di sini Anda dapat mengisi beberapa informasi detail tentang kelas Anda. Kemudian Anda dapat klik “buat”.

3. Undang siswa ke kelas

Anda dapat mengirimkan kode unik kepada siswa sebagai akses masuk Google Classroom. Anda akan menemukan kode kelas dalam tab “siswa”.

BERITA REKOMENDASI