Jack Ma Pernah Membenci Bill Gates

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Pendiri Alibaba Jack Ma mengakui dirinya sempat membenci sosok pendiri Microsoft Bill Gates. Ma mengatakan saat ia muda, ia membenci Gates lantaran dianggap melakukan monopoli.

Pemilik nama asli Ma Yun ini mengatakan Gates sempat menjadi sumber frustasi baginya ketika awal di awal merintis Alibaba Group di tahun 1999. Situasi saat itu cukup sulit bagi perusahaan rintisan (startup) yang baru berkembang seperti Alibaba.

"Ketika saya masih muda, saya membenci Bill Gates karena saya pikir Microsoft mengambil semua peluang. IBM dan Oracle juga mengambil semua peluang" kata Ma.

Sumber frustrasi Ma bukan tanpa alasan, tarif akses teknologi yang dikenakan oleh perusahaan sekelas Microsoft terasa terlalu tinggi bagi pebisnis yang baru memulai usaha. Alibaba tak ubahnya perusahaan kecil kala itu.

Kendati demikian, Ma kemudian sadar bawa itu bukanlah salah Gates atau raksasa teknologi lainnya. Rasa frustasinya hanya alasan umum yang dibuat-buat untuk mencari pelampiasan yang justru berpotensi menjatuhkan banyak calon penusaha. (*)

BERITA REKOMENDASI