Jangan Asal Beli Motor, Simak Tips yang Harus Diperhatikan!

Trend Motor Retro yang Sedang Naik Daun di Era Modern

Jika sebelumnya membahas tentang tips sebelum membeli motor baru, kali ini akan membahas tentang trend motor retro yang saat ini tengah naik daun belakangan ini. Sebenarnya motor ini merupakan pernah menjadi trend pada zaman dulu. Dan akhir-akhir ini, trend motor retro atau klasik ini kembali naik daun lagi di kalangan pencinta motor.

Kesan klasik pada motor biasanya akan dilakukan modifikasi di beberapa bagian. Harga item untuk memodifikasinya pun  juga tidak murah ternyata. Oleh karena itu, perusahaan motor mulai merilis kembali motor retro untuk memenuhi permintaan pasar saat ini. Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki motor retro sekarang Anda bisa membelinya tanpa perlu memodifikasi motor yang lama menjadi motor tampilan retro.

Dari trend retro yang sedang booming ini, tipe-tipe motor jadul sekarang menjadi sering dijumpai di jalanan. Tipe motor jadul yang paling banyak dikenal adalah motor bebek dengan kapasitas 72 cc sampai 110cc. Warna dari motor ini juga menjadi salah satu ciri khasnya. Baik warna apapun yang dipakai sudah pasti akan dikombinasikan dengan warna putih di beberapa bagian motornya.

Selanjutnya adalah tipe motor Vespa. Sebagai motor yang berasal dari negeri pizza, kesan retro dari motor ini memang tidak bisa dihilangkan dengan mudah. Terbukti dari keberadaan motor ini masih sering dijumpai di jalanan dengan tampilan yang lebih menarik. Atau juga tipe motor CB sebagai motor jadul keluaran tahun 1970-an namun tetap eksis dan dikenal sebagai motor Dilan karena motor ini dipilih sebagai kendaraan untuk menampilkan kesan jadul di film Dilan itu. Tipe selanjutnya adalah motor retro modern salah satunya yaitu Yamaha XSR 155. Untuk motor retro modern ini memiliki kapasitas mesinnya lebih tinggi sampai dengan 850cc namun desainnya tetap menampilkan kesan klasik yang eksistensinya tidak pernah hilang.

Dengan banyaknya peminat motor retro ini, sepertinya trend ini akan berlangsung lama. Kenapa motor ini tetap bisa eksis? Mungkin karena motor retro memiliki kesan yang lebih jika dibandingkan dengan motor skuter yang saat ini lebih dominan dipilih di pasaran. Mengendarai motor skuter bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda hanya perlu menyalakan starter kemudian pastikan posisi duduk yang nyaman dan pegang handle gas dan tarik gas penuh di awal lalu sesuaikan tarikan gas dengan kondisi di jalanan.

Dari cara mengendarai inilah yang membuat motor retro lebih berkesan. Untuk bisa mengendarai motor ini Anda harus memiliki skill tertentu. Pertama, setelah memposisikan kunci dalam keadaan ON, pastikan kondisi gigi dalam keadaan netral. Kemudian mulai starter motor dengan double starter atau kick starter. Setelah itu injak pedal persneling depan untuk memasukkan posisi gigi ke gigi satu. Baru setelah itu Anda bisa putar handle gas pelan-pelan agar motor berjalan. Nah, skill memindahkan posisi gigi kelihatannya mudah, namun faktanya jika tidak terbiasa akan terasa sulit untuk dilakukan.

BERITA REKOMENDASI