Jangan Asal Beli Motor, Simak Tips yang Harus Diperhatikan!

 Cek Pengapian Motor

Bagian pengapian motor biasanya sedikit tersembunyi atau jarang terlihat langsung oleh mata. Kondisi komponen pengapian cukup berperan penting untuk memastikan apakah motor akan menyala atau tidak ketika di starter. Komponen yang dimaksud berupa platina, aki motor dan kabel koil. Jika salah satu dari komponen pengapian terlihat aus, retak dan terasa lemah sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar kinerja motor Anda tidak terganggu.

 Cuci Motor Secara Rutin

Mencuci motor sebagai cara termudah untuk merawat motor Anda. Anda bisa mencucinya di rumah dengan menggunakan shampo khusus motor agar cat motor tidak rusak. Jika Anda sedang sibuk atau ingin lebih berisi lagi, mencuci motornya bisa dibawa ke steam tempat cuci motor. Dan Jika motor terkena hujan, sebaiknya segera cuci motor Anda jangan biarkan terlalu lama terkena air hujan karena bisa merusak kualitas cat pada motor yang membuatnya cepat berkarat.

 Gunakan Spare Part Asli

Sudah menjadi rahasia umum kalau harga spare part asli memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga spare part KW atau palsu. Hal ini sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Masa pakai spare part asli bisa tiga kali lebih awet daripada yang palsu. Sehingga Anda tidak akan rugi meskipun membelinya dengan harga yang mahal.

 Jika Anda sedang mengganti beberapa komponen motor Anda karena rusak sedangkan spare part aslinya sedang kosong atau sudah jarang ditemui di pasaran, pastikan Anda tidak akan tergoda untuk menggantinya dengan spare part palsu. Anda bisa mencoba untuk memesan terlebih dahulu pada dealer resmi dari merek motor Anda. Selain itu, Anda bisa mengganti spare partnya dengan komponen motor baru namun pas atau sesuai dengan yang dibutuhkan motor Anda.

Dari semua cara merawat motor di atas, intinya adalah mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hilangkan rasa malas untuk mencuci motor, mengganti oli atau mengecek kondisi mesin motor Anda. Karena satu komponen vital rusak akibatnya bisa mempengaruhi kinerja komponen yang lain. Tentu ini akan membuat Anda rugi sendiri. Motor yang seharusnya masih bisa dipakai jadi rusak hanya karena malas untuk merawatnya dengan hal-hal yang sederhana. (*)

BERITA REKOMENDASI