Jepang Bakal Kirim Kamera Resolusi 8K ke Mars dan Bulannya

BADAN Eksplorasi Dirgantara Jepang serta kantor penyiaran NHK sedang mengembangkan kamera resolusi 4K dan 8K melalui Parabolic Arc. Kamera tersebut akan menangkap gambar Planet Mars dan bulannya yakni Phobos serta Deimos untuk misi Eksplorasi Bulan Mars (MMX) mendatang.

Nantinya misi tersebut secara rutin mengambil gambar dan sebagian mengirimkannya ke bumi dengan “menciptakan gambar yang halus”. Sementara gambar asli akan disimpan dalam kapsul yang dikembalikan ke bumi.

Melansir dari Engadget, Senin (14/9/2020), ini juga akan membantu memvisualisasikan perilaku pesawat ruang angkasa dengan menggabungkan info kamera dengan data penerbangan. Sehingga, menurut JAXA, bisa membantu mengoperasikan pesawat ruang angkasa.

Pesawat ruang angkasa MMX diharapkan diluncurkan pada tahun fiskal Jepang 2024 dan mencapai Mars pada tahun fiskal 2025. Akan lebih lama lagi sebelum kapsul kembali tiba.

MMX juga diharapkan tidak hanya menyediakan fotografi Mars yang sangat detail, tetapi mendarat di Phobos dan mengumpulkan material permukaan. Kemudian membantu ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang Mars dulu dan sekarang.

Ini juga bisa menjadi harta karun bagi raksasa media Jepang NHK dalam memiliki rekaman 8K yang tidak pernah disangka oleh penyedia TV lain untuk direkam sendiri.

BERITA REKOMENDASI