Kapitaliasi Pasar Big Data Tembus USD260 Miliar

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kebutuhan big data di dunia makin meningkat, sehingga membuat sektor ini menjadi incaran dan menjadi sumber pendapatan baru bagi  perusahaan teknologi.

Berdasarkan laporan terbaru IDC tahun 2019 untuk spending dan proyeksi revenue yang bisa dihasilkan dari big data menyebutkan bahwa proyeksi pendapatan yang akan diperoleh perusahaan di seluruh dunia dari big data dan analitiknya akan mencapai 200 miliar dolar AS, sedangkan pada tahun 2022 mendatang pendapatannya akan mencapai 260 miliar dolar AS.

"Kebutuhan big data sangat penting saat ini, diperkirakan 2019 pasar big data dunia mencapai 200 miliar dokar AS, dan tahun 2020 akan mencapai 260 miliar dokar AS,” kata Presiden Direktur Acer Indonesia, Herbet Ang, pada acara peluncuran teknologi Altos dari Acer, di Jakarta, Rabu (21/8).

Dikatakan,  adapun industri yang melakukan investasi terbesar di sektor big data ini umumnya  adalah sektor finansial, manufaktur, pendidikan, retail ecommerce, dan pemerintahan Adapun gabungan industri ini akan menyumbang hampir 81 miliar  dokar AS dari pendapatan analitik data di seluruh dunia tahun ini. Mereka juga akan menjadi industri dengan peluang analitik data terbesar pada 2022 ketika total investasi mereka akan menjadi  129 miliar dolar AS.

Melihat  potensi tersebut, ekonomi digital Indonesia diproyeksi menyumbang 155 miliar  dolar AS atau 9.5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2025. 

Dijelaskan, melihat peluang yang besar ini, Acer Indonesia meluncurkan teknologi baru yakni Altos. Dengan teknologi ini maka yang membantu perusahaan melakukan modernisasi untuk memperkuat performa, efisiensi dan kemampuan dalam mengelola cloud dan data perusahaan di datacenter yang modern. 

Adapun rangkaian solusi lengkap yang diperkenalkan meliputi teknologi Altos untuk ketersediaan untuk server, storage, datacenter modern, High Performance Computing, Virtual Desktop Infrastruktur (VDI) dan Artificial Intelligent (Al) platform serta solusi Internet of Things (loT). (Lmg)

BERITA REKOMENDASI