Kenapa Pembatasan Usia Kendaraan Sulit Diterapkan?

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Salah satu instruksi yang ada terkait pembatasan usia kendaraan.

Dalam Ingub tersebut, kendaraan pribadi yang berusia lebih dari 10 tahun akan dilarang beroperasi di DKI Jakarta pada 2025.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Karlo Manik dalam keterangannya  mengatakan, kebijakan tersebut sulit diterapkan.

"Memang pembatasan usia kendaraan ini kalau agak susah di kita. Kalau mobil pribadi kita katakan diuji saja belum sebenarnya. Kan kita belum ada pengujian mobil pribadi," kata dia, Selasa (6/8/2019).

Dia menjelaskan, yang selama ini sudah berjalan adalah pengujian kepada angkutan umum dan kendaraan komersial. Sementara untuk mobil pribadi belum dilakukan. "Yang diuji itu baru angkutan yang berbau public transport atau komersial," ungkapnya.

Dia mengatakan untuk melakukan pengujian terhadap kendaraan pribadi dibutuhkan waktu yang cukup panjang. Selain itu diperlukan perubahan pada aturan.

"Karena aturan-aturan juga harus disesuaikan. Jadi engga bisa langsung harus kita terapkan sekarang karena kita uji saja belum. Dia memenuhi persyaratan atau tidak," jelas Karlo.

"Karena apa? Kalau di aturan kita sebenarnya yang diuji itu adalah yang komersial. Sebenarnya kalau kita mau masuk ke mobil pribadi kita lakukan pengujian juga terhadap mobil pribadi, tapi itu belum. Yang komersial itu dulu diperbaiki, sebaiknya yang komersial diperbaiki dulu semua baru kita masuk ke sini (mobil pribadi)," tandasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI