Komputer Jadul Apple Dilelang Rp 10,6 M

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Salah satu komputer yang awal dibangun Apple baru saja terjual dengan angka fantastis, yakni USD815 ribu atau setara Rp10,6 miliar. Pembeli dari komputer itu adalah Glenn dan Shannon Dellimore.

Dellimore merupakan pendiri dari produk kecantikan Glamglow. Ia mendapatkan model komputer Apple yang dibangun pada 1976 di lelang online. Dellimore menang setelah penawar sebelumnya berada pada angka USD1 juta, sesuai dengan kisaran ahli sejarah.

Dalam wawancaranya dengan Fortune sebelumnya, sejarawan Apple dan ahli Apple I Corey Cohen mengatakan bahwa mereka dengan bantuan Steve Wozniak serta Daniel Kottke mampu meniti kembali tanggal pembuatan komputer pertama itu, yakni pada musim panas 1976. Komputer itu merupakan salah satu mesin Apple I pertama yang diproduksi. Mereka menemukan tulisan tangan Kottke di kaset tape yang berjalan di OS komputer tersebut.

Mengingat Kottke bekerja di Apple selama 1976 saat liburan musim panas perkualiahannya, mereka menyadari bahwa komputer itu adalah salah satu yang tertua. Cohen percaya ada sekira 60-70 komputer Apple I yang masih ada hingga saat ini dan sisanya adalah replika untuk membantu para sejarawan Apple. (*)

BERITA REKOMENDASI