Kota Berkembang di RI Harus Bangun LRT, Ini Sebabnya

JAKARTA, KRJOGJA.com Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut pembangunan Light Rail Transit (LRT) sangat ideal untuk kota-kota berkembang di Indonesia, seperti Palembang. Alasannya, kota tersebut belum macet dan dimungkinkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan transportasi yang terstruktur dengan baik.

“Kita ada proyek strategis nasional yang namanya LRT Palembang. Dalam konsep perkotaan yang ideal, seperti inilah yang harus kita lakukan. Di mana kota yang sedang berkembang membangun transportasi massal, yang namanya LRT. Dengan tonggak ini kita bisa memungkinkan melakukan kegiatan-kegiatan transportasi yang terstruktur dengan baik,” ujar Budi Karya dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (25/2/2018). 

antan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menambahkan, pembangunan LRT Palembang menelan angka sekitar Rp 10 triliun. Namun menurut Budi Karya, nilai investasi yang besar ini akan terbayar karena Palembang akan memiliki konsep satu transportasi di suatu kota dengan baik.  

“Saya ajak 20 orang dari Palembang yang terdiri dari netizen, mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum untuk mensosialisasikannya. Saya sangat senang melihat warga kota Palembang sangat antusias. Saya berpesan ini suatu amanah dan anugerah dari negara kepada Palembang jangan disia-siakan. Ini menjadi suatu legacy bagi palembang," katanya. 

Budi Karya berharap kota berkembang lain di Indonesia ikut membangun LRT agar tidak terlambat, seperti Jakarta. 

"Ke depan kota lain akan mengikuti (bangun LRT). Jangan sampai seperti Jakarta, setelah kita mengalami kemacetan baru kita bangun. Ini jadi suatu format bagaimana melibatkan warga kota untuk membangun infrastruktur yang akan berdampak baik dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia," terangnya. (*)

BERITA REKOMENDASI