Laris Manis di Pasaran, Ini 8 Keunggulan iPhone 13 Mini

PERUSAHAAN raksasa di bidang teknologi asal Amerika Serikat, Apple merilis seri iPhone 13 dengan desain kamera ponsel yang unik. Pada seri iPhone 13, Anda akan mendapat Apple OS iOS 15 terbaru dengan fitur canggih demi meningkatkan kenyamanan para pengguna untuk bermain game ataupun multitasking. Sebagai generasi penerus iPhone 12, performa dan inovasi pada iPhone 13, termasuk iPhone 13 Mini mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Smartphone ini memiliki kisaran harga yang tak beda jauh dengan iPhone 12, yaitu mulai Rp 11 jutaan. Jadi, apa yang membuat iPhone 13 Mini layak untuk Anda pertimbangkan? Berikut ulasan yang telah dirangkum!

1. Display dan Desain Makin Beragam

Smartphone ini memiliki beragam varian warna baru yaitu putih, biru, pink dan hitam yang bisa Anda pilih sesuai selera. Dua kameranya terletak diagonal dan smartphone ini memiliki variasi warna yang lebih banyak. Desainnya bisa dibilang masih cukup mirip dengan iPhone 12 yang mempunyai layar 6,1 inci serta frame aluminium dengan tepian yang tegas. Tapi, notch pada layar ponsel iPhone 13 mini diklaim lebih kecil 20% sehingga layar bisa tampak lebih luas.

2. Layar Tangguh Dengan Ceramic Shield

Inovasi pada Apple iPhone 13 mini juga termasuk pada proteksi layarnya yang memakai ceramic shield. Sejak iPhone 12 dirilis, ceramic shield masih diandalkan Apple untuk melindungi layar pada produk terbarunya yaitu iPhone 13 mini. Proteksi layar ceramic shield pada ponsel ini terbuat dari nano-keramik kristal yang lebih keras.

Corning, perusahaan pembuat Gorilla Glass telah berkolaborasi dengan Apple untuk menciptakan lapisan kaca keramik pada iPhone 13 mini. Apple juga mengklaim bahwa ceramic shield pada iPhone 13 mini lebih ringan, lebih tangguh, tak bisa ditembus aliran listrik dan panas. Lapisan ceramic shield diklaim akan memberikan proteksi layar anti gores dan lebih kuat.

3. Performa Chipset A15 Bionic Maksimal

Smartphone ini diibekali chipset terbaru dengan performa maksimal yaitu A15 Bionic. Chipset ini dirancang agar memberi kinerja lebih baik dengan pemrosesan data yang lebih cepat 50% dari generasi sebelumnya. Apple juga mengklaim chipset ini tergolong sangat cepat bila dibandingkan ponsel lainnya. GPU 4-core chipset A15 Bionic mempunyai peningkatan 30%. Tak hanya itu, iPhone 13 mini memiliki teknologi 5-nanometer dengan 15 miliar transistor serta CPU 6-core.

4. Super Retina XDR OLED dan HDR 10

Sebagai perusahaan teknologi ternama, Apple punya banyak inovasi baru sejak iPhone 12 dirilis. Dalam iPhone 13 mini, Apple menyajikan layar OLED yang memiliki teknologi canggih Super Retina XDR. Layar 6.1 ponsel ini memiliki resolusi 1170 x 2532 piksel. Untuk kenyamanan para penggunanya, layar pada iPhone 13 mini ini dilengkapi dukungan HDR 10 dengan kontras lebih tinggi dan warna yang akurat. Hal ini tentunya akan membuat para pengguna lebih nyaman.

5. Kualitas Baterai Meningkat

Diklaim mampu bertahan 2.5 jam lebih panjang, kualitas baterai pada iPhone 13 mini jelas lebih unggul bila dibandingkan dengan iPhone 12. Kapasitas baterai yang sebelumnya 2.815 mAh mengalami peningkatan jadi 3240 mAh. Kini Anda tak perlu khawatir lagi kehabisan baterai di jalan karena iPhone 13 mini juga memiliki fitur baru yaitu fast charging 20W.

6. Isi Daya Lebih Mudah

Perangkat iPhone 13 mini memiliki pengisian daya yang mudah dengan Magsafe. Magsafe adalah produk magnet sirkular dan berfungsi sebagai wireless charging. Magsafe dirilis serentak dengan iPhone 12 dan fitur ini jadi salah satu alat isi daya yang lebih canggih bila dibandingkan dengan
flagship lainnya. Untuk memakainya, Anda hanya perlu menempel magnet ini di belakang ponsel. Pengisian daya secara nirkabel ini diklaim bisa mengisi baterai lebih cepat dan tentu akan lebih praktis karena Anda bisa menggenggam iPhone 13 mini saat pengisian daya tanpa harus terpaku pada stop kontak

7. Kualitas Kamera Meningkat

Berbeda dengan seri sebelumnya, kamera pada iPhone 13 mini memiliki sensor yang unik dengan tata letak diagonal dan berjumlah dua buah. Dua kamera belakangnya terdiri atas kamera utama 12 MP (wide) serta kamera 12 MP (f/2.4, ultra wide). Pada iPhone 13 mini, kamera widenya mengalami peningkatan kualitas karena dilengkapi teknologi Sensor-shift OIS. Teknologi ini pertama kali muncul pada iPhone 12 Pro Max.

Sementara di bagian kamera depan, sensor kamera iPhone 13 mini yaitu 12 MP (f/2.2, lensa wide 23 mm dan SL 3D (HDR, sensor depth dan biometrik, gyro-EIS) yang sangat maksimal bagi para penyuka selfie. Kamera iPhone 13 mini mampu mengambil video HDR Dolby Vision sampai 60 fps serta mempunyai mode malam dengan pemindai LiDAR.

8. Video 4K Dolby Vision dan Suara Stereo

Memahami banyaknya kreator yang membuat video vlog dan konten sosial media yang memerlukan kamera unggul, iPhone 13 mini mempunyai kualitas rekam video 4K Dolby Vision. Hal ini merupakan encoding HDR standar pada format HDR10 dan peningkatan kualitas iPhone 13 mini terbilang cukup meningkat. Fitur ini memberikan hasil video yang lebih sempurna, baik dari segi kualitas, kedalaman warna, kontras dan kualitas suara stereo hingga 4K@24/30/60fps.

Itulah 8 keunggulan iPhone 13 mini yang telah dirangkum oleh Blibli. Dapatkan iPhone 13 mini di Blibli yang dijamin asli dan original! Anda juga bisa mendapatkan beragam pilihan ponsel lainnya di Blibli.(*)

BERITA REKOMENDASI