Malware Bisa Curi Data dari Bunyi Hard Disk

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL (KRjogja.com) – Peneliti dari Universitas Ben-Gurion, Israel, menemukan cara untuk mengambil data dari sebuah komputer menggunakan bunyi yang keluar dari harddisk. Para peneliti Negev Cyber Security Research Center itu membuat program jahat atau Malware bernama ‘DiskFiltration’ untuk mencapai tujuannya.

“(Malware ini) membuat semacam emisi akustik pada frekuensi tertentu dengan mengendalikan gerakan actuator arm hard disk,” bunyi laporan penelitiannya.

Serangan akustik seperti ini sebenarnya bukan hal baru. Peneliti sebelumnya telah menemukan cara menggunakan speaker dan mic untuk mengambil data. Pada kasus lain, bahkan pencuri bisa menggunakan kipas komputer, baik dengan bunyinya atau getaran pada chassis.

Para ahli keamanan telah mencoba mengatasi hal itu dan komputer air-gapped kini tidak lagi menggunakan kipas, speaker dan mic. Beberapa orang bahkan melengkapinya dengan pertahanan elektro-magnetik.

Laporan para peneliti tidak menjelaskan bagaimana penjahat bisa memasangkan malware di mesin sedemikian canggih. Namun, jika saja hal ini bisa dilakukan, program jahat bisa mencari data seperti password, kunci enkripsi atau log kunci pada komputer tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI