Malware Gooligan Curi Data 13 Ribu Perangkat Perhari

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Sebagian besar malware biasanya hanya mencuri satu atau dua informasi atau bahkan melakukan sesuatu untuk perangkat Anda, namun lain halnya dengan Gooligan, malware yang bisa membahayakan akun Google.

Gooligan merupakan malware yang membahayakan akun Google karena mengompromisasikan informasi dari 13.000 perangkat setiap harinya. Malware menargetkan pengguna Android versi lawas hingga Android 5.1 (Lollipop). Artinya, pengguna yang berada pada Android 6.0 (Marshmallow) atau lebih tinggi, mungkin aman dari malware ini. Malwere sendiri telah ditemukan di seluruh dunia, terutama di pasar dengan konsentrasi perangkat dengan spesifikasi rendah yang menjalankan Android versi lawas.

Malware bekerja melalui sejumlah aplikasi palsu, biasanya diunduh melalui sumber pihak ketiga, di mana pengguna bisa meng-upload dan men-download apa pun yang mereka inginkan, bebas dari perlindungan Google Play Store.

Sejak menemukan bug, perusahaan keamanan Check Point telah bekerja sama dengan Google untuk melihat malware dan kerentanan untuk diperbaiki. Selain itu, mereka juga telah membuat alat untuk memeriksa akun Anda. (*)

BERITA REKOMENDASI