Manfaat Menggunakan Aplikasi Absen Online Bagi Perusahaan dan Karyawan

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dinamika dunia kerja yang terus berkembang ditambah dengan majunya peran digital, suatu perusahaan dituntut untuk memiliki metode laporan kehadiran karyawan yang praktis dan efisien namun bisa mencakup segala hal termasuk di dalamnya jam kerja dan waktu istirahat.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh perusahaan dengan menggunakan  aplikasi absensi online. Berikut 8 manfaat dan kelebihan aplikasi absen online yang perlu bisa diperoleh :

  1. Akurasi

Manusia rentan terhadap kesalahan, meskipun sudah disediakan perangkat komputasi pendukung. Sistem aplikasi absen online memastikan pencatatan waktu yang akurat dan meminimalkan kesalahan yang tak terhindarkan dan mahal dengan entri data manual. Dengan demikian, data yang akurat ini membantu memberikan kinerja dan data penggajian yang akurat.

2. Produktivitas dan Efisiensi

Penghematan waktu dan tenaga dikombinasikan dengan akurasi data membantu dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang mengarah pada peningkatan produktivitas dan peningkatan keuntungan.

3. Visibilitas

Setiap laporan yang disesuaikan dapat dibuat dengan data terpusat yang meningkatkan visibilitas dan transparansi dalam organisasi. Dengan pusat data kehadiran yang terpusat dan akurat, pemberi kerja dapat menganalisis secara strategis dan meningkatkan kebijakan tentang cuti, jam kerja, budaya tempat kerja, kinerja, gaji, dan lain-lain.

4. Manajemen Alur Kerja

Sistem manajemen kehadiran terintegrasi dapat memberikan visibilitas yang baik dari semua data dan dapat memudahkan alur kerja penggajian, cuti, dan tinjauan kinerja. Aplikasi absen juga dapat membantu Anda memperkirakan beban kerja, sumber daya, dan anggaran.

5. Fleksibilitas Absensi Karyawan

Ketika anda memiliki karyawan yang bekerja dari kantor, dari rumah, atau di lokasi terpencil, dengan adanya aplikasi absen, sistem manajemen kehadiran memungkinkan organisasi melacak waktu karyawan dengan menggunakan berbagai opsi pencatatan jam kerja, seperti terminal biometrik, atau pembaca desktop dengan mudah.

6. Integrasi atau Konfigurasi

Aplikasi absen ini memiliki konfigurasi individu untuk setiap shift kehadiran, dengan opsi untuk menentukan siklus kehadiran, aturan mark-in/out, pengurangan cuti, dan hari libur opsional.

7. Pelacakan Waktu Real-time

Manajemen kehadiran berbasis cloud memungkinkan pelacakan waktu nyata dan memberikan input otomatis untuk pemrosesan penggajian. Ini membantu dalam mengatur jadwal pembayaran alternatif dan membuat semua informasi tersedia secara real-time. Manajer dapat membuat laporan untuk menyesuaikan jadwal kerja dan mengarahkan aktivitas tenaga kerja secara real-time.

BERITA REKOMENDASI