Masyarakat Dihimbau Jangan Melihat Langsung Gerhana Matahari Cincin

JAKARTA, KRJOGJA.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melihat ke arah matahari langsung dengan mata telanjang saat terjadi Gerhana Matahari Cincin.

Dalam keterangan resmi kepada Okezone, masyarakat harus menjaga keamanan mata dengan tidak melihat gerhana matahari cincin secara langsung.

"Ada point penting dalam mengamati Gerhana Matahari Cincin yakni keamanan mata, jangan melihat ke arah matahari dengan mata telanjang secara langsung baik saat gerhana maupun tidak," kata LAPAN dalam keterangan resmi oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Jasyanto.

Intensitas cahaya matahari yang sangat kuat dapat merusak mata dan menyebabkan kebutaan. Beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk mengamati gerhana matahari dengan aman antara lain, kamera pinhole (kamera lubang jarum), kacamata matahari, binocular atau teleskop dan kamera DSLR dengan filter khusus matahari.

Sebelumnya, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengungkapkan bahwa gerhana matahari cincin dapat dilihat dengan mata telanjang.

“Gerhana matahari aman dilihat seperti halnya melihat matahari sehari-hari, asal berhati-hati dan jangan memaksakan diri. Mata punya mekanisme refleks terpejam kalau terlalu silau. Untuk bisa melihat matahari secara aman dan nyaman, gunakanlah kacamata matahari," kata Thomas.

Untuk melihat gerhana matahari cincin lebih dianjurkan dengan menggunakan kacamata khusus matahari. Hal ini disebabkan karena mata manusia sulit untuk melihat cahaya yang terlalu terang, khususnya cahaya matahari.

 

BERITA REKOMENDASI