Mau Cek Spesimen Virus Korona COVID-19?, Ayo di 10 Tempat Ini Saja

PASIEN yang dinyatakan positif terinfeksi virus korona COVID-19 di Indonesia, semakin bertambah. Hari ini, pasien bertambah 7 orang menjadi 34 orang.

Juru Bicara Penanganan Korona COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan sebagai salah satu upaya agar penanganan bisa lebih cepat, kini pemeriksaan spesimen sudah bisa dilakukan bukan hanya di laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan.

Ada beberapa di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Banjarbaru serta Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) yang tersebar di enam kota, Batam, Medan, Palembang, Manado, Makassar dan Ambon. “Laboratorium Litbangkes mampu uji 1.700 spesimen per hari. Ini harus kami respons cepat ada kebijakan Menteri Kesehatan,” terang Achmad Yurianto, dalam konferensi pers update COVID-19 di Kantor Staf Presiden, Jakarta.

Pemeriksaan spesimen akan kami sebarkan ke BBTKL dan BTKL juga diaktifkan untuk optimalkan pengujian spesimen,” tambah dia.

Meskipun begitu, semua pemeriksaan spesimen yang dilakukan di BBTKL dan BTKL tetap diawasi oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan. “Sekarang di 10 tempat ini bisa melakukan PCR. Kurang lebih di 10 tempat ini ada orang-orang terlatih. Tapi tetap disupervisi oleh Litbangkes,” tambahnya.

Sedangkan untuk rumah sakit swasta, Achmad Yurianto menegaskan bahwa sejauh ini bisa menguji sampel namun alur terakhir tetap harus dikirim ke Litbangkes Kementerian Kesehatan. “Rumah sakit swasta bisa menguji, tapi tetap send sampel ke Litbangkes,” pungkas Yuri. (*)

BERITA REKOMENDASI