Mengerikan! Matahari Akan Bakar Bumi Lebih Cepat

SEKITAR lima miliar tahun yang akan datang, Matahari akan membesar dan menelan planet Bumi, sehingga membunuh apa pun yang ada di permukaannya.

Itulah gambaran yang diutarakan oleh astrofisikawan Jillian Scudder. Namun manusia mungkin sudah punah jauh sebelum hal itu terjadi.

Scudder, ilmuwan dari University of Sussex mengatakan, Bumi akan terasa panas lebih cepat dari yang diperkirakan. Sebab Matahari bersinar lebih terang 10 persen setiap satu miliar tahun.

"Prediksi tentang apa yang sebenarnya akan terjadi pada Bumi ketika matahari bersinar lebih terang setiap satu miliar belum bisa diketahui dengan pasti," kata Scudder kepada Business Insider.

Namun, lanjut Scudder, meningkatnya panas dari Matahari akan menyebabkan lebih banyak air yang menguap dari permukaan Bumi dan tertahan di atmosfer.

Air yang menguap tersebut kemudian bertindak sebagai gas rumah kaca, yang memerangkap lebih banyak panas yang masuk ke Bumi sehingga mempercepat proses penguapan.

"Pada saat sinar Matahari 40 persen lebih terang, panasnya akan mendidihkan lautan Bumi dan menghilangkan semua kelembaban di atmosfer," jelas Scudder.

Pada saat semua ini terjadi, apa pun yang ada di Bumi telah lama musnah. Jauh sebelum Matahari benar-benar membesar dan menelan Bumi miliaran tahun kemudian. (*)

BERITA REKOMENDASI