Meningkatkan Kesadaran Bayar Pajak dengan Voucher Cashback

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Lagi-lagi Djuragan Voucher membuat kejutan dengan ide cemerlangnya. Platform digital karya pemuda Yogya ini bakal mengusulkan bagi-bagi voucher maupun cashback kepada wajib pajak yang membayarkan kewajibannya.

Cara tersebut menurut Dirut Djuragan Kreatif Indonesia, Syarif Hidayat SHut sangat efektif mendongkrak penerimaan pajak. Apalagi pada masa pandemi seperti ini penerimaan pajak negara tentunya menurun sehingga perlu inovasi baru yang menarik dari Direktorat Jendral Pajak.

“Ini perlu terobosan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat membayar pajak. Sehingga budaya membayar pajak akan menjadi kegiatan yang menyenangkan,” kata Syarif Hidayat di Sleman, Minggu (16/05/2021).

Ia menggambarkan ketika wajib pajak membayar, mereka akan langsung mendapat cashback berupa voucher yang diberikan oleh Dirjen Pajak. Voucher itu berasal dari wajib pajak yang lain, bukan dari uang negara.

“Misalnya wajib pajak itu seorang pengusaha properti. Ia bisa mendapat voucher dari pengusaha lain yang bergerak dalam usaha bahan bangunan atau distributor besi,” tambahnya.

Suatu saat jika pengusaha properti tersebut hendak membangun maka voucher tersebut dapat dimanfaatkan sehingga pengeluarannya bisa lebih hemat. Demimian pula pada bidang usaha lain dapat dikolaborasikan sehingga lahirlah simbiosis mutualisme.

Jika itu diadopsi ke seluruh wajib pajak di seluruh Indonesia, ia yakin para wajib pajak akan senang membayar pajak. Di sisi lain, pelaku UKM yang memberi voucher juga akan senang karena mereka dibantu promosi oleh Dirjen Pajak.

Ia menyampaikan Djuragan Voucher selama ini mempunyai visi meningkatkan usaha UMKM dengan strategi gotong royong  berbasis voucher. UMKM yang telah bergabung di Djuragan Voucher berasal dari berbagai jenis usaha, mulai dari properti, hospitaliti, busana, pusat kebugaran, hingga kuliner.

Dengan semakin banyaknya skema potongan harga (voucher) maka daya beli masyarakat tentunya akan meningkat. Harapannya, pertumbuhan ekonomi secara nasional juga akan membaik. (*)

BERITA REKOMENDASI