Menkeu Ingin Mobil Listrik RI Bisa Diekspor

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati tengah menyusun kebijakan tentang insentif mobil listrik. Peraturan dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK) ini akan keluar setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekan Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Pemerintah (PP) terkait mobil listrik.

" Nunggu PP dan Perpresnya dulu. Tapi kita sudah mulai (susun PMK)," kata Menteri Sri Mulyani di Istana Merdeka, Jakarta, dikutip Setkab.go.id, Kamis (25/7/2019).

Baca Juga: Siap – siap, Regulasi Mobil Listrik Bakal Terbit Bulan Ini

Mantan pejabat Bank Dunia ini mengharapkan Perpres dan PP bisa mendukung industri otomotif, terutama yang berbasis listrik. Diharapkan dukungan kebijakan pemerintah ini bisa mendorong Indonesia mengekspor mobil listrik.

“ Tren seluruh dunia, kendaraan yang berbasis listrik sangat meningkat,” kata dia.

Sri Mulyani mengatakan peraturan mobil listrik ini akan dijelaskan lebih rinci oleh Jokowi. Salah satunya tentang insentif pajak.

Baca Juga: Tiga Perusahaan Kembangkan Mobil Listrik, Ini Alasannya

“Nanti policy (mobil listrik) yang akan tuangkan–bapak presiden akan umumkan–menyangkut itu. Satu tentang Perpres mengenai ekosistem industri listriknya. PP-nya berbagai macam treatment atau perlakuan insentif, seperti PPnBM kemudian jenis kendaraan mendapatkan insentif berdasarkan emisi ada di sana," kata dia.(*)

BERITA REKOMENDASI