Menyelamatkan Komputer dari Virus Petya

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pihak Tim Respons Insiden Keamanan Infrastruktur Internet Indonesia (ID-SIRTII) menyatakan masih ada satu cara untuk menghentikan laju serangan virus Petya atau GoldenEye yaitu mematikan paksa komputer yang baru saja terinfeksi. Wakil Ketua ID-SIRTII Bisyron Wahyudi menjelaskan, dengan memutus sambungan listrik ke komputer, laju serangan Petya akan terhenti sementara.

"Asalkan dimatikan sebelum komputer restart otomatis," kata Bisyron.

Dari analisis Bisyron, dampak serangan Petya yang sesungguhnya baru muncul ketika komputer terkena restart. Sebab setelah restart, virus Petya mulai mengenkripsi harddisk.

Pada prosesnya, serangan Petya akan diawali pesan di layar komputer. Tak lama, layar akan berwarna merah dengan gambar tengkorak sebagai latar belakang dan disusul oleh pesan dari virus yang memastikan tak ada cara lain kabur dari serangan virus kecuali dengan membayar tebusan.

Pada saat itu, Bisyron melanjutkan, komputer sebaiknya dimatikan. Sebab setelahnya komputer akan otomatis mati dan menampilkan mengunci semua data yang ada di dalam komputer.

"Dia (Petya) mengenkripsi setelah restart antara 10-30 menit. Setelah restart itu mereka menggunakan skrip virus," tutur Bisyron. (*)

BERITA REKOMENDASI