Mitsubishi Bikin Mobil Tanggap Bencana, Ini Spesifikasinya

TOKYO, KRJOGJA.com – Menonjolkan fungsi kendaraan untuk merespon bencana skala besar, menjadi salah satu tema yang dibawa Mitsubishi Motor Corporation di ajang Tokyo Auto Salon mendatang. Gubahan tersebut diwujudkan dalam bentuk kendaraan elektrifikasi Outlander PHEV edisi NERV.

Pengubahan dari spesifikasi kendaraan tersebut, lebih banyak berupa penambahan teknologi komunikasi untuk menyediakan akses komunikasi di lokasi bencana. Termasuk sebagai sumber penyedia tenaga sementara menggunakan paket baterai serta teknologi plug-in hybrid pada mobil ini.

Tajuk edisi NERV untuk modifikasi ini berasal dari aplikasi peringatan bahaya bencana buatan perusahaan bernama Gehirn. Ide kolaborasi Mitsubishi dengan Gehirn tersebut menghasilkan pengubahan optimal kendaraan Outlander PHEV yang sebelumnya sudah mulai diterjunkan untuk merespons bencana di Jepang.

Kemampuan unit Outlander PHEV ini menyediakan saluran komunikasi darurat dari lokasi tanggap bencana, berasal dari pemasangan antena satelit Kymeta u7. Begitu juga dukungan sinyal satelit dari perusahaan komunikasi Jepang, JSAT Corporation sehingga mobil ini bisa tersambung dengan layanan internet.

Kendaraan ini sejatinya tidak mendapat banyak pengubahan ekstrem dari segi penampilan maupun performa, hanya terlihat dari pemasangan ban spesifikasi off-road jenis Open Country dari Toyo. Selebihnya menyesuaikan pemasangan alat komunikasi dan jaringan satelit, dengan grafis logo NERV pada bodi mobil.

Rangkaian mesin pada mobil ini memiliki tipe dasar MIVEC berkapasitas 2.0 L empat silinder DOHC berkode 4B11, berkekuatan 117 Hp dan torsi puncak 185 Nm. Sementara rangkaian motor ganda S61 memiliki kekuatan masing-masing depan dan belakang mencapai 80 Hp, dengan torsi puncak sebesar 137 dan 195 Nm. (*)

BERITA REKOMENDASI