Mobil Esemka Bakal Diluncurkan 2018

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mobil karya anak bangsa yang beberapa tahun lalu sempat mencuat, Esemka ternyata tak mati di tengah jalan. Bahkan, mobil yang diproduksi di Solo Jawa Tengah tersebut bakal segera melakukan launching paling lambat medio 2018 nanti dengan model dan kualitas bersaing dengan pabrikan asing. 

Bocoran launching tersebut disampaikan AM Hendropriyono yang mengatakan didaulat Presiden Joko Widodo untuk memproduksi mobil nasional ketika bertemu wartawan usai konsolidasi PKP Indonesia Sabtu (30/12/2017) malam. Hendro menyebut merk Esemka sesuai yang diinisiatifkan presiden tetap dipertahankan lengkap dengan mesin dan karoseri yang dipastikan buatan anak negeri. 

“Tahun 2018 paling lambat pertengahan tahun sudah diresmikan karena sampai sekarang masih terus diproduksi di Solo karena sudah cukup banyak yang pesan. Produksi awal sekitar 1000 sesuai yang memesan,” ungkapnya. 

Sementara terkait pendanaan dan harga, Hendro masih enggan menyebutkan jumlah pastinya. “Yang jelas pendanaan bukan dari pemerintah, modal sendiri dan semuanya diproduksi sendiri. Untuk harga nanti waktu launching kita umumkan yang jelas lebih terjangkau, nah untuk modalnya dari mana itu rahasia agar tak diketahui kompetitor,” sambungnya tersenyum. 

Hendropriyono menyebut semangat merampungkan Esemka dan memproduksi secara massal didasarkan pada keprihatinan masifnya penjajahan asing dalam hal kendaraan. “Dulu kita dijajah satpam, itu VOC, nah sekarang marketing motor dan mobil asing. Ini kan memprihatinkan dan membuat saya semangat memproduksi Esemka, produk yang membanggakan bangsa,” lanjut mantan kepala Badan Intelegen Negara (BIN) tersebut. 

Mobil Esemka sendiri beberapa tahun lalu mendapat perhatian khusus dari Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai walikota Solo. Mobil tersebut diproduksi oleh siswa SMK yang membuat namanya akhirnya dicetuskan Esemka. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI