Mobil Jepang dan Korsel Paling Aman, Benarkah?

MOBIL buatan Jepang dan Korea Selatan mendominasi penerima IIHS Top Safety Pick + tahun ini. Jumlahnya, meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu, dari 15 unit menjadi 30 unit pada 2019.

Melansir Autoblog, Kamis (20/12/2018), lompatan besar ini sangat signifikan, karena Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) membuat persyaratan pengujian yang lebih sulit. Terdapat 17 unit model yang tidak mencapai tingkatan paling aman, karena lampu depan tidak mendapatkan peringkat terbaik.

Dari seluruh model yang menerima penghargaan, 70 persen merupakan SUV kecil, dan 40 persen merupakan kendaraan lain. Sementara itu, truk sepenuhnya ditinggalkan dari daftar mobil paling aman.

Honda Ridgeline model 2018 mampu meraih penghargaan yang terbaik, namun model 2019 turun. Subaru menjadi pabrikan paling aman, dengan 7 model. Untuk Forester, melewatkan kategori plus, karena lampu depannya, tapi tetap mendapatkan penghargaan Top Safety Pick.

Sementara itu, tidak ada pabrikan Amerika Serikat yang mendapat penghargaan mobil teraman.

Untuk Hyundai memiliki total kendaraan terbanyak jika dihitung dari daftar Pick and Pick +. Beberapa merek Jerman seperti Mercedes , BMW, dan Audi berhasil masuk, tetapi tidak ada Volvo karena IIHS mengatakan, Volvo kehilangan hasil uji tumpang tindih sisi depan penumpang.

Sedangkan kendaraan listrik juga tidak ada dalam daftar. Hanya Kia Niro Plug-in Hybrid, dan Tesla tidak memberikan data kendaraan untuk dilakukan pengetesan.(*)

BERITA REKOMENDASI