NASA Berhasil Ambil Foto Matahari Dari Dekat

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGKA.com – NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) telah meluncurkan sebuah pesawat ruang angkasa baru yang akan memberikan pandangan yang belum pernah diketahui sebelumnya tentang Matahari. Pesawat ruang angkasa itu terbang untuk mengambil foto matahari yang belum pernah diabadikan.

“Kita sedang menuju matahari. Ayo Solar Orbiter! Ini momen yang fantastis,” ujar manajer proyek untuk Badan Antariksa Eropa, Cesar Garcia Marirrodriga.

Solar Orbiter tidak akan menjadi pesawat ruang angkasa terdekat yang melakukan perjalanan ke Matahari. Tapi pesawat itu akan melihat matahari dari perspektif baru, yakni melihat ke bawah dan ke kutubnya, dan berpotensi memberi wawasan tentang area matahari yang bisa terlihat sangat berbeda.

Solar Orbiter bergabung dengan Parker Solar Probe NASA yang berangkat pada 2018 pada misi untuk ‘menyentuh matahari’ dan telah lebih dekat ke permukaannya daripada sebelumnya.

Menurut Direktur sains Badan Antariksa Eropa, Gunther Hasinger dua pesawat luar angkasa yang menatap matahari ini akan menjadi seperti orkestra bersama dengan observatorium darat yang hebat. (*)

BERITA REKOMENDASI