NASA Gandeng Boeing Wujudkan Misi ke Bulan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dikabarkan akan melanjutkan pengujian roket berkekuatan sangat besar yang dinamakan Space Launch System (SLS).

Roket peluncuran ini berkekuatan besar lantaran menjadi satu-satunya roket yang bisa mengangkut kapal ruang angkasa Orion, astronaut, dan kargo besar ke Bulan dalam satu kali penerbangan.

SLS dirancang untuk misi luar angkasa dan akan mengirim Orion beserta kargo ke Bulan. Jarak yang harus ditempuh hampir 1.000 kali lebih jauh daripada penerbangan kargo yang biasa dilakukan ke stasiun ruang angkasa internasional atau ISS. ISS hanya berada di orbit rendah Bumi.

SLS menawarkan lebih banyak massa muatan, kemampuan volume, dan energi untuk mempercepat misi melalui ruang angkasa daripada kendaraan peluncuran yang ada saat ini. SLS dirancang agar fleksibel untuk mengangkut muatan, termasuk misi ilmiah robot ke tempat-tempat seperti Bulan, Mars, Saturnus dan Jupiter.

Boeing, perusahaan yang dikontrak NASA untuk memimpin pembangunan roket itu akan menguji tahap inti SLS pertama di badan Stennis Space Center, Mississippi, Amerika Serikat. Terdekat, Boeing akan melakukan pengujian yang bernama ‘green run’. (*)

BERITA REKOMENDASI