Nih, Masalah Yang Dialami Mobil Pemudik

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menggunakan mobil pribadi sudah menjadi hal yang biasa ketika musim mudik tiba. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi karena dianggap lebih praktis dan hemat biaya. Tapi bukan berarti menggunakan kendaraan pribadi lepas dari masalah selama perjalanan. 

Kepala bengkel Auto2000, Cikarang, Jawa Barat Indah Yuliana mengatakan masalah yang sering dihadapi oleh pemudik ada pada bagian mesin terlebih pada mobil lama. "Sebenarnya lebih banyak masalah kepada mobil yang tahun-tahun relatif lama, sekira lima tahun ke atas. Mungkin kebanyakan dari mereka tidak rutin lagi melakukan servis sehingga pada saat kendaraan tiba-tiba dibawa jalan jarak jauh ada beberapa komponen yang rusak," katanya. 

Indah mencontohkan masalah yang sering ditemukan seperti temperaturnya mati sehingga radiatornya cenderung panas, lalu oli bocor. "Ya lebih kepada problem yang ada di mesin yang bisa langsung dirasakan oleh pengemudi," tambah Indah. 
Guna mengantisipasi supaya masalah tersebut tidak timbul lagi ketika pulang dari kampung halaman, Indah mengimbau supaya pengemudi atau pemilik mobil lebih peka terhadap kendaraannya. 

"Sebenarnya harus ada tindakan pencegahan dari pemudik, kalau dia tahu bahwa perjalanannya yang akan ditempuh itu jauh, medan jalannya berat, dan waktu perjalanan memakan waktu lama mestinya mereka harus melakukan persiapan tidak hanya sekadar ganti oli saja. Tindakan awal sebelum perjalanan mereka harus melakukan pengecekan secara total berkaitan dengan mesin, elektrikal baterai, cooling system, AC, dan seterusnya," terang Indah. (*)

BERITA REKOMENDASI